RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SDN ..................................
Mata Pelajaran          : Matematika
Tema                          : Kegemaran
Kelas/Semester         : II / II
Alokasi Waktu          : 2 x 30 menit (1 pertemuan)
Hari,Tanggal              : Jum’at, 17 Februari 2017              
 

A.      Standar Kompetensi
        3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
B.       Kompetensi Dasar
         3.3 Melakukan operasi hitung campuran.
C.      Indikator
  •  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
D.      Tujuan
  • Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui cara melakukan operasi hitung campuran.
  • Melalui kegiatan latihan, siswa dapat melakukan operasi hitung campuran.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, memiliki rasa ingin tahu, rasa hormat dan perhatian, berani, tekun dan bertanggungjawab.
E.       Materi ajar
       Operasi Hitung Campuran adalah menyelesaikan perhitungan yang terdiri dari perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Aturan pengerjaannya :
1.      Operasi didalam tanda kurung didahulukan.
2.      Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, jadi yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang berada disebelah kiri dengan cara dikelompokkan. Contoh : 450-150+100 = (450-150) +100 = 300 + 100 = 400.
3.      Perkalian dan pembagian sama kuat yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang berada di sebelah kiri dengan cara dikelompokkan. Contoh : 4 x 5 : 2 = ( 4 x 5 ) : 2 = 20 : 2 = 10.
4.      Perkalian atau pembagian lebih kuat dari penjumlahan atau pengurangan, yang dikerjakan terlebih dahulu adalah operasi perkalian atau pembagian dengan cara dikelompokkan. Contoh : 23-8x2 = 23- (8x2) = 23-16 = 7.
F.       Metode dan Model pembelejaran
·         Pendekatan      : Kontekstual
·         Model              : Pembelajaran Langsung
·         Metode            : Demonstrasi, Ceramah, tanya jawab, latihan, Penugasan
G.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal (5 menit)
§  Guru mengucapkan salam.
§  Guru mengkondisikan kelas melalui kegiatan berdoa dan pengabsenan
§  Guru memberikan motivasi mengenai manfaat dari pembelajaran hari ini.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya
b.      Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
    §  Guru menjelaskan secara singkat mengenai materi yang akan dipelajari hari ini.
§  Guru menunjukkan sebuah media yang berkaitan dengan operasi hitung campuran.
§  Guru mendemonstrasikan cara melakukan operasi hitung campuran menggunakan media yang telah disediakan.
§  Guru menunjuk salah satu siswa agar dapat menyelesaikan soal latihan menggunakan media.
      Elaborasi
§  Guru memberikan soal latihan kepada siswa.
Soal latihan
1.      2 x 6 – 8 = ( 2 x 6 ) – 8
                  = 12 – 8
                  = 4
2.      5 x 9 – 7 = ( 5 x 9 ) – 7
              = 45 – 7
              = 38
3.      8 x 3 – 5 = ( 8 x 3 ) – 5
              = 24 – 5
              = 19
§  Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyelesaikan soal latihan yang telah disediakan guru.
§  Guru bersama siswa mengulas kembali hasil pekerjaan siswa.
      Komfirmasi
§  Guru dan siswa melakukan tanya jawab seputar operasi hitung.
§  Guru memperkuat pendapat siswa.
§  Guru memberikan soal evaluasi.
c.       Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
§  Guru memberikan kata-kata pujian atas partisipasi siswa dalam pembelajaran hari ini.
§  Pengkondisian kelas kembali dengan berdoa.
§  Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
H.      Alat/Bahan/Sumber belajar
·         Alat/media/bahan        : Gelas, Permen,  Alat tulis.
·         Sumber belajar            :  
  1.  Khafid, Suyati. 2004. Matematika penekanan pada berhitung untuk sekolah dasar kelas II. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  2. Wiyanto. 2008.  Matematika untuk SD/MI Kelas 2. Pusat perbukuan  DEPDIKNAS.

I.         Penilaian
·         Jenis                : tes
·         Bentuk            : Uraian
·         Instrumen        : Soal Latihan

No
Soal
Jawaban
Skor
1
4 x 7 – 10 =
( 4 x 7 ) - 10 = 28 - 10 = 18
20
2
4 x 4 - 6 =
( 4 x 4 ) - 6 = 16 – 6 =10
20
3
Bu Asih menjahit 7 baju, setiap baju dipasang 6 kancing. Jika kancing yang tersisa 3, berapa kancing yang tersedia sebelumnya ?
Dik : 7 buah baju, dipasang 6 kancing
Dit : jika kancing yang tersisa 3, berapa kancing yang tersedia sebelumnya ?
Jawab : (7 x 6) – 3 = 39 jadi total kancing sebelumnya ada 39
20
4
Farhan membeli 10 pensil, sebanyak 4 pensil digunakan sendiri. Sisa pensil dibagikan kepada 2 adiknya sama banyak. Berapa masing-masing pensil yang diterima adiknya ?
Dik : Farhan membeli 10 pensil, sebanyak 4 pensil digunakannya sendiri. Sisa pensilnya dibagikan kepada 2 adiknya sama banyak.
Dit : Berapa masing-masing pensil yang diterima adiknya ?
Jawab :
10 – 4 : 2 = ( 10 - 4 ) : 2 = 3
Jadi, setiap adiknya akan mendapatkan 3 buah pensil.
20
5
Pak Gunawan membeli 4 keranjang mangga, tiap keranjang berisi 6 mangga. Mangga tersebut akan dibagikan kepada 8 anak sama banyak. Berapakah mangga yang diterima setiap anak ?
Dik : Pak Gunawan membeli 4 keranjang mangga, tiap keranjang berisi 6 mangga. Mangga tersebut akan dibagikan kepada 8 anak sama banyak.
Dit : Berapakah mangga yang diterimasetiap anak ?
Jawab : 4 x 6 : 8 = (4 x 6) : 8 = 24 : 8 = 3
Jadi , setiap anak akan mendapatkan 8 buah mangga.
20
Jumlah
100






Majalengka, ... Februari 20....
Guru Kelas ......                                                                                            Praktikan


             Rohmah, S.Pd                                                                                          Silva Oktavianti
  NIP. 1962........                                                                                             NPM. 13..............

Mengetahui,

Guru Pamong                                                                Kepala Sekolah SDN ................


        Suwartini, S.Pd                                                                           Satria, S.Pd
   NIP.1907...................                                                      NIP. 1965.......................








Semoga bermanfaat, maaf jika ada kesalahan..
Reviewed by Silva_ on 8:35:00 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.