RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN ..................................
Mata Pelajaran : Matematika
Tema : Kegemaran
Kelas/Semester : II / II
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 pertemuan)
Hari,Tanggal : Jum’at, 17 Februari 2017
A.
Standar Kompetensi
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
sampai dua angka
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Melakukan operasi hitung campuran.
C.
Indikator
- Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
D.
Tujuan
- Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui cara melakukan operasi hitung campuran.
- Melalui kegiatan latihan, siswa dapat melakukan operasi hitung campuran.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin,
memiliki rasa ingin tahu, rasa hormat dan perhatian, berani, tekun dan
bertanggungjawab.
E.
Materi ajar
Operasi
Hitung Campuran adalah menyelesaikan perhitungan yang terdiri dari perkalian,
pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Aturan pengerjaannya :
1. Operasi didalam tanda kurung didahulukan.
2. Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, jadi yang
dikerjakan terlebih dahulu adalah yang berada disebelah kiri dengan cara
dikelompokkan. Contoh : 450-150+100 = (450-150) +100 = 300 + 100 = 400.
3. Perkalian dan pembagian sama kuat yang dikerjakan
terlebih dahulu adalah yang berada di sebelah kiri dengan cara dikelompokkan.
Contoh : 4 x 5 : 2 = ( 4 x 5 ) : 2 = 20 : 2 = 10.
4. Perkalian atau pembagian lebih kuat dari penjumlahan
atau pengurangan, yang dikerjakan terlebih dahulu adalah operasi perkalian atau
pembagian dengan cara dikelompokkan. Contoh : 23-8x2 = 23- (8x2) = 23-16 = 7.
F.
Metode dan Model pembelejaran
·
Pendekatan : Kontekstual
·
Model : Pembelajaran Langsung
·
Metode : Demonstrasi, Ceramah, tanya jawab,
latihan, Penugasan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (5 menit)
§ Guru mengucapkan salam.
§ Guru mengkondisikan kelas melalui kegiatan berdoa
dan pengabsenan
§ Guru memberikan motivasi mengenai manfaat dari
pembelajaran hari ini.
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari
sebelumnya
b. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
§ Guru menjelaskan secara singkat mengenai materi yang akan dipelajari hari ini.
§ Guru menunjukkan sebuah media yang berkaitan dengan
operasi hitung campuran.
§ Guru mendemonstrasikan cara melakukan operasi hitung
campuran menggunakan media yang telah disediakan.
§ Guru menunjuk salah satu siswa agar dapat
menyelesaikan soal latihan menggunakan media.
Elaborasi
§ Guru memberikan soal latihan kepada siswa.
Soal
latihan
1.
2 x 6 – 8 = ( 2
x 6 ) – 8
= 12 – 8
= 4
2.
5 x 9 – 7 = ( 5
x 9 ) – 7
= 45 – 7
= 38
3.
8 x 3 – 5 = ( 8
x 3 ) – 5
= 24 – 5
= 19
§ Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyelesaikan
soal latihan yang telah disediakan guru.
§ Guru bersama siswa mengulas kembali hasil pekerjaan
siswa.
Komfirmasi
§ Guru dan siswa melakukan tanya jawab seputar operasi
hitung.
§ Guru memperkuat pendapat siswa.
§ Guru memberikan soal evaluasi.
c. Kegiatan Akhir (5 menit)
§ Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran hari ini.
§ Guru memberikan kata-kata pujian atas partisipasi
siswa dalam pembelajaran hari ini.
§ Pengkondisian kelas kembali dengan berdoa.
§ Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
H.
Alat/Bahan/Sumber belajar
·
Alat/media/bahan : Gelas, Permen, Alat tulis.
·
Sumber belajar :
- Khafid, Suyati. 2004. Matematika penekanan pada berhitung untuk sekolah dasar kelas II. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Wiyanto. 2008. Matematika untuk SD/MI Kelas 2. Pusat perbukuan DEPDIKNAS.
I.
Penilaian
·
Jenis : tes
·
Bentuk : Uraian
·
Instrumen : Soal Latihan
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
4
x 7 – 10 =
|
(
4 x 7 ) - 10 = 28 - 10 = 18
|
20
|
2
|
4
x 4 - 6 =
|
(
4 x 4 ) - 6 = 16 – 6 =10
|
20
|
3
|
Bu
Asih menjahit 7 baju, setiap baju dipasang 6 kancing. Jika kancing yang
tersisa 3, berapa kancing yang tersedia sebelumnya ?
|
Dik
: 7 buah baju, dipasang 6 kancing
Dit
: jika kancing yang tersisa 3, berapa kancing yang tersedia sebelumnya ?
Jawab
: (7 x 6) – 3 = 39 jadi total kancing sebelumnya ada 39
|
20
|
4
|
Farhan
membeli 10 pensil, sebanyak 4 pensil digunakan sendiri. Sisa pensil dibagikan
kepada 2 adiknya sama banyak. Berapa masing-masing pensil yang diterima
adiknya ?
|
Dik
: Farhan membeli 10 pensil, sebanyak 4 pensil digunakannya sendiri. Sisa
pensilnya dibagikan kepada 2 adiknya sama banyak.
Dit
: Berapa masing-masing pensil yang diterima adiknya ?
Jawab
:
10
– 4 : 2 = ( 10 - 4 ) : 2 = 3
Jadi,
setiap adiknya akan mendapatkan 3 buah pensil.
|
20
|
5
|
Pak
Gunawan membeli 4 keranjang mangga, tiap keranjang berisi 6 mangga. Mangga
tersebut akan dibagikan kepada 8 anak sama banyak. Berapakah mangga yang
diterima setiap anak ?
|
Dik
: Pak Gunawan membeli 4 keranjang mangga, tiap keranjang berisi 6 mangga.
Mangga tersebut akan dibagikan kepada 8 anak sama banyak.
Dit
: Berapakah mangga yang diterimasetiap anak ?
Jawab
: 4 x 6 : 8 = (4 x 6) : 8 = 24 : 8 = 3
Jadi
, setiap anak akan mendapatkan 8 buah mangga.
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Majalengka, ... Februari
20....
Guru Kelas ...... Praktikan
Rohmah, S.Pd Silva Oktavianti
NIP.
1962........ NPM. 13..............
Mengetahui,
Guru Pamong Kepala
Sekolah SDN ................
Suwartini, S.Pd Satria,
S.Pd
NIP.1907................... NIP.
1965.......................
Semoga bermanfaat, maaf jika ada kesalahan..
No comments:
Post a Comment