Amankah menggunakan masker wajah hingga semalaman?


Ceritakita – Menggunakan masker wajah secara rutin dapat membuat wajah kita menjadi lebih sehat, bersih dan terawat. Umumnya penggunaan dilakukan dengan durasi waktu minimal 3 menit dan maksimal 30 menit. Namun bagaimana reaksi jika penggunaan masker wajah yang dilakukan semalaman?


Dilansir dari pendapat Dermatologist dr. Melyawati Hermawan, SpKK, dalam konferensi pers peluncuran produk kecantikan asal Filipina, Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid, Kamis (18/6) menjelaskan, masker bukan termasuk perawatan eksfoliasi atau biasa disebut peeling. Eksfoliasi adalah sebuah perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

"Kalau masker itu bukan eksfoliasi atau tidak membuat kulit mengelupas. Masker sifatnya hanya menghidrasi kulit wajah atau mengencangkan. Maka, jika penggunaannya dilakukan sampai pagi, kata dia, justru bukan akan menghidrasi kulit malah akan membuat kulit menjadi kering. Padahal, fungsi masker untuk menghidrasi wajah akan menjadi hilang. Pakai masker enggak boleh sampai pagi bisa kering kulitnya. Gunakan hanya 15-20 menit jangan sampai terbawa tidur," kata Melyawati.

Sama halnya seperti mencuci wajah atau mandi terlalu lama. Jika kulit terkena air terlalu lama atau terlalu sering digosok maka justru akan menjadi kering, karena air bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan mengelupas jika terlalu lama. Selain itu, air dapat menghilangkan lapisan minyak di permukaan kulit.

Lalu kapan waktu yang tepat menggunakan masker? Apakah lebih baik malam atau pagi hari? Melyawati mengatakan, penggunaan masker bisa dilakukan kapan saja baik pagi maupun malam. Asalkan penggunaannya tak boleh didiamkan terlalu lama.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan masker sesuai kebutuhan, untuk kulit normal gunakan 1x dalam seminggu, sedangkan untuk kulit kering gunakan 2x seminggu, dan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak gunakan masker 3x dalam seminggu.

Lihat juga kandungan yang terdapat dalam masker, jika itu sleeping mask maka dapat digunakan semalaman karena terdapat kandungan nutrisi yang mengakibatkan kulit lebih kenyal dan lembap. Namun jika bukan, pastikan gunakan masker dengan durasi waktu yang dianjurkan.

Lalu bagaimana cara aman menggunakan masker?

Kamu memerlukan 3 tahapan sebelum menggunakan masker,
  1. Persiapan, bersihkan wajahmu dengan menggunakan sabun pencuci muka yang biasa kamu pakai lalu keringkan dengan menggunakan handuk.
  2. Pelaksanaan, gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit kamu, agar meresap ke dalam pori-pori kamu bisa terlebih dahulu menyiapkan air panas yang digunakan uapnya untuk membuka pori-pori, setelah dirasa cukup kamu bisa langsung mengaplikasikan masker menggunakan kuas atau jari tangan, yang pastinya sudah jelas kebersihannya.
  3. Pembersihan, selepas menggunakan masker selama durasi waktu tertentu sama halnya dengan tahap persiapan, kamu harus membersihkan masker yang menempel dan pastikan tidak ada masker yang tersisa, agar nutrisi yang ada pada masker sebelumnya dapat meresap dengan benar kedalam kulitmu.


Jadi, cara aman menggunakan masker adalah dengan menjaga kebersihan dan mengingat pada durasi waktu yang dilakukan serta menyesuaikan dengan jenis masker yang sesuai dengan kulitmu. Bukankah tujuan menggunakan masker adalah untuk menyehatkan dan merelaksasi kulit? So, jangan berlebihan dalam menggunakan masker jika kamu tidak ingin memiliki kulit yang jauh dari ekspektasi karena ulahmu sendiri.

Amankah menggunakan masker wajah hingga semalaman? Amankah menggunakan masker wajah hingga semalaman? Reviewed by Silva_ on 3:39:00 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.